Beberapa hari yang lalu BSNP telah mengeluarkan Kisi-Kisi Ujian
Nasional SD Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui Peraturan Badan Standar
Nasional Pendidikan Nomor 013/P/BSNP/XII/2011, lengkap dengan
Permendiknas tentang Kriteria Kelulusan UN dan POS UN 2011/2012 (download di sini).
Pemerintah mengeluarkan kisi-kisi itu bermaksud agar para siswa dan
guru siap menghadapai UN sehingga hasilnya memuaskan, tidak hanya lulus
UN.
Setelah dicermati dengan saksama terdapat perbedaan yang signifikans antara SKL UN 2010/2011 dengan Kisi-Kisi UN 2011/2012. Untuk mapel Bahasa Indonesia ada perubahan 90%, Matematika 70%, dan IPA 50%. Dibawah ini kami sajikan perbedaan itu (khusus Matematika dan IPA, maaf yang Bahasa Indonesia belum sempat mencermati)
Perbedaan Kisi-Kisi UN SD
2. IPA
Bagi teman-teman guru, silakan mencermati untuk mempersiapkan
anak-anak agar tepat dalam belajar. Pengalaman penulis soal-soal yang
keluar di UN 100% dibuat berdasarkan Kisi-kisi tersebut. Semoga
bermanfaat
Setelah dicermati dengan saksama terdapat perbedaan yang signifikans antara SKL UN 2010/2011 dengan Kisi-Kisi UN 2011/2012. Untuk mapel Bahasa Indonesia ada perubahan 90%, Matematika 70%, dan IPA 50%. Dibawah ini kami sajikan perbedaan itu (khusus Matematika dan IPA, maaf yang Bahasa Indonesia belum sempat mencermati)
Perbedaan Kisi-Kisi UN SD
- Matematika
No.
|
No. indk
|
Kisi-Kisi UN lama
|
No. indk
|
Kisi-Kisi UN baru
|
Keterangan
|
1. | 1.
2. |
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah. |
1. | Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah. | Perubahan dari khusus ke umum |
2. | 4.
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah |
2. | Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah | Hitungan baku à soal cerita |
3. | 15.
16. |
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang menggunakan perbandingan. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perhitungan skala. |
6. | Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya. | Ada penggabungan indikator |
4. | 7. | Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya. | Baru | ||
5. | 11.
13. |
Siswa dapat menentukan nilai KPK dari tiga bilangan
dua angka. Siswa dapat menentukan nilai FPB dari tiga bilangan dua angka. |
8.
9. |
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya. Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat menentukan FPB atau KPK-nya. |
Ada penggabungan indikator |
6. | 17. | Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung
penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua |
12. | Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua. | Pengurangan indikator |
7. | 13. | Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga. | Baru | ||
8. | 14. | Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga. | Baru | ||
9. | 19.
20. |
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pada dua satuan waktu yang berbeda. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pada tiga satuan panjang yang berbeda. |
15. | Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana. |
Ada penggabungan indikator dan tidak ditentukan banyaknya satuan waktu dan satuan panjang |
10. | 23. | Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan volume yang berbeda |
16. | Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volum | Banyak satuan volume tidak ditentukan, tambahan debit |
11. | 21.
22. |
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan operasi hitung dari tiga satuan berat yang berbeda. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan luas yang berbeda. |
17. | Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas | Ada penggabungan indikator dan tidak ditentukan banyaknya satuan berat dan satuan luas |
12. | 25. | Siswa dapat menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui. | 19. | Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya. |
Soal bisa kebalikannya (menentukan nama bangun atau sifat-sifat bangun |
13. | 26. | Siswa dapat menentukan banyak sisi atau titik sudut dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan | 17. | Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk). |
Tambahan tentang rusuk |
14. | 22. | Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan. | Baru | ||
15. | 33. | Siswa dapat menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok | 23. | Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang. | Jenis bangun ruang tidak ditentukan |
16. | 24. | Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya. | Baru | ||
17. | 32. | Siswa dapat menentukan luas dari gabungan dua
bangun datar yang disajikan gambar beserta ukurannya. |
25. | Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana. | Ada tambahan indikator |
18. | 26. | Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran). | Baru | ||
19. | 34. | Siswa dapat menentukan volume dari bangun ruang
sisi datar (balok atau kubus) yang disajikan gambar beserta ukurannya. |
27. | Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volum kubus atau balok. | Dibuat soal cerita |
20. | 28. | Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui. | Baru | ||
21. | 29. | Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui. | Baru | ||
22. | 36. | Siswa dapat menentukan nama bangun datar yang terbentuk dari titik-titik koordinat yang diberikan. | 30. | Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik. | Permasalahan dibalik |
23. | 38. | Siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum
diketahui dari gambar diagram lingkaran yang disajikan. |
34. | Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran. | Tambahan indikator |
24. | 33. | Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel. | Baru | ||
25. | 32. | Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu). |
Baru | ||
26. | 39. | Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang disediakan. | 35. | Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data). | Rentang data ditentukan |
27. | 36. | Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data). | Baru | ||
28. | 37. | Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang | Baru | ||
29. | 38. | Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan. | Baru | ||
30. | 40. | Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang disajikan. | Baru |
No.
|
No. indk
|
Kisi-Kisi UN lama
|
No. indk
|
Kisi-Kisi UN baru
|
Keterangan
|
1. | 1.
|
Disajikan gambar hewan/tumbuhan tertentu, siswa dapat menjelaskan ciri khusus yang ada pada
hewan/tumbuhan tersebut. |
1. | Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu | Yang ditanyakan fungsi ciri khusus |
2. | 2.
|
Disajikan beberapa nama tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan tumbuhan/hewan lain yang termasuk dalam kelompok itu. | 2. | Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut | Yang ditanyakan dasar pengelompokan |
3. | 4. | Siswa dapat menentukan manfaat bagian dari tubuh
hewan/tumbuhan tertentu bagi manusia dan lingkungannya. |
3. | Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan | Manfaat hewan/tumbuhan secara keseluruhan bukan bagiannya |
4. | 3. | Disajikan gambar tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya. | 5. | Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya | Objeknya tumbuhan/hewan |
5. | 6. | Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia | Baru | ||
6. | 7. | Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan | Baru | ||
7. | 16. | Siswa dapat menentukan peran makhluk hidup tertentu dalam suatu ekosistem. | 10. | Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan | Fokus peran dalam rantai makanan |
8. | 11. | Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan | Baru | ||
9. | 20. | Siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi pada
hewan/ tumbuhan tertentu untuk kelangsungan hidupnya. |
12. | Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu | Yang ditanyakan Tujuan adaptasi |
10. | 13. | Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan. | 13. | Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya | Fungsi organ berdasarkan strukturnya |
11. | 11. | Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa
dapat menentukan fungsi organ atau saluran pencernaan yang ditandai. |
16. | Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk | Fungsi enzim |
12. | 15. | Siswa dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit menular pada manusia. | 20. | Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia | Pencegahan penyk menular dan tidak menular |
13. | 22. | Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu | Baru | ||
14. | 28. | Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut | Baru | ||
15. | 30. | Disajikan gambar/ pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi | Baru | ||
16. | 29. | Disajikan gambar rangkaian listrik terdiri dari beberapa
lampu, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/tidak menyala jika salah satu lampu diputus. |
32. | Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung |
Sakelar buka/tutup dan pengaruhnya thd nyala lampu |
17. | 33. | Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah | Baru | ||
18. | 35. | Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan salah satu jenis sumber daya alam, siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan. | 34. | Disajikan gambar/ pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam | Manfaat SDA |
19. | 36. | Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang
dapat merusak kelestarian sumber daya alam atau dapat menentukan cara untuk melestarikan sumber daya alam |
35. | Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) |
Fokus pada kegiatan yang merusak/mengubah permukaan bumi |
20. | 36. | Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/ tidak dapat diperbaharui. |
Baru | ||
21. | 38. | Siswa dapat menentukan urutan tata letak atau ciri-ciri planet dalam tata surya | 37. | Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya | Ditanyakan nama/ciri-ciri planet |
22. | 39. | Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan. | Baru |
0 komentar:
Posting Komentar