Pages

KATEGORI

Rabu, 27 Maret 2013

BEDAH KISI-KISI UN SD

Beberapa hari yang lalu BSNP telah mengeluarkan Kisi-Kisi Ujian Nasional SD Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 013/P/BSNP/XII/2011, lengkap dengan Permendiknas tentang Kriteria Kelulusan UN dan POS UN 2011/2012 (download di sini). Pemerintah mengeluarkan kisi-kisi itu bermaksud agar para siswa dan guru siap menghadapai UN sehingga hasilnya memuaskan, tidak hanya lulus UN.
Setelah dicermati dengan saksama terdapat perbedaan yang signifikans antara SKL UN 2010/2011 dengan Kisi-Kisi UN 2011/2012. Untuk mapel Bahasa Indonesia ada perubahan 90%, Matematika 70%, dan IPA 50%. Dibawah ini kami sajikan perbedaan itu (khusus Matematika dan IPA, maaf yang Bahasa Indonesia belum sempat mencermati)

Perbedaan Kisi-Kisi UN SD
  1. Matematika
No.
No. indk
Kisi-Kisi UN lama
No. indk
Kisi-Kisi UN baru
Keterangan
1. 1.




2.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah.

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian pada bilangan cacah.
1. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah. Perubahan dari khusus ke umum
2. 4.




Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan
pembagian pada bilangan cacah
2. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah Hitungan baku à soal cerita
3. 15.



16.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perbandingan.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang menggunakan perhitungan skala.
6. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya. Ada penggabungan indikator
4.     7. Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya. Baru
5. 11.



13.
Siswa dapat menentukan nilai KPK dari tiga bilangan dua angka.


Siswa dapat menentukan nilai FPB dari tiga bilangan
dua angka.
8.



9.
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya.

Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat
menentukan FPB atau KPK-nya.
Ada penggabungan indikator
6. 17. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua
dan akar pangkat dua
12. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua. Pengurangan indikator
7.     13. Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga. Baru
8.     14. Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga. Baru
9. 19.






20.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan
atau pengurangan pada dua satuan waktu yang
berbeda.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan penjumlahan atau
pengurangan pada tiga satuan panjang yang berbeda.
15. Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda
atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang
disajikan dalam soal cerita sederhana.
Ada penggabungan indikator dan tidak ditentukan banyaknya satuan waktu dan satuan panjang
10. 23. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan
volume yang berbeda
16. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volum Banyak satuan volume tidak ditentukan, tambahan debit
11. 21.





22.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari tiga satuan
berat yang berbeda.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan
luas yang berbeda.
17. Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas Ada penggabungan indikator dan tidak ditentukan banyaknya satuan berat dan satuan luas
12. 25. Siswa dapat menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui. 19. Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau
sebaliknya.
Soal bisa kebalikannya (menentukan nama bangun atau sifat-sifat bangun
13. 26. Siswa dapat menentukan banyak sisi atau titik sudut dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan 17. Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau
rusuk).
Tambahan tentang rusuk
14.     22. Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan. Baru
15. 33. Siswa dapat menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok 23. Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang. Jenis bangun ruang  tidak ditentukan
16.     24. Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya. Baru
17. 32. Siswa dapat menentukan luas dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar beserta
ukurannya.
25. Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana. Ada tambahan indikator
18.     26. Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran). Baru
19. 34. Siswa dapat menentukan volume dari bangun ruang sisi datar (balok atau kubus) yang disajikan gambar
beserta ukurannya.
27. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volum kubus atau balok. Dibuat soal cerita
20.     28. Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui. Baru
21.     29. Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui. Baru
22. 36. Siswa dapat menentukan nama bangun datar yang terbentuk dari titik-titik koordinat yang diberikan. 30. Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik. Permasalahan dibalik
23. 38. Siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram lingkaran yang
disajikan.
34. Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran. Tambahan indikator
24.     33. Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel. Baru
25.     32. Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar
sudut tertentu).
Baru
26. 39. Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang disediakan. 35. Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data). Rentang data ditentukan
27.     36. Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data). Baru
28.     37. Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang Baru
29.     38. Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan. Baru
30.     40. Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang disajikan. Baru
2. IPA
No.
No. indk
Kisi-Kisi UN lama
No. indk
Kisi-Kisi UN baru
Keterangan
1. 1.




Disajikan gambar hewan/tumbuhan tertentu, siswa  dapat menjelaskan ciri khusus yang ada pada hewan/tumbuhan tersebut.
1. Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu Yang ditanyakan fungsi ciri khusus
2. 2.




Disajikan beberapa nama tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan tumbuhan/hewan lain yang termasuk dalam kelompok itu. 2. Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut Yang ditanyakan dasar pengelompokan
3. 4. Siswa dapat menentukan manfaat bagian dari tubuh hewan/tumbuhan tertentu bagi manusia dan
lingkungannya.
3. Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan Manfaat hewan/tumbuhan secara keseluruhan bukan bagiannya
4. 3. Disajikan gambar tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya. 5. Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya Objeknya tumbuhan/hewan
5.     6. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia Baru
6.     7. Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan Baru
7. 16. Siswa dapat menentukan peran makhluk hidup tertentu dalam suatu ekosistem. 10. Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan Fokus peran dalam rantai makanan
8.     11. Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan Baru
9. 20. Siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi pada hewan/ tumbuhan tertentu untuk kelangsungan  hidupnya.
12. Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu Yang ditanyakan Tujuan adaptasi
10. 13. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan. 13. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya Fungsi organ berdasarkan strukturnya
11. 11. Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi organ atau saluran
pencernaan yang ditandai.
16. Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat  menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk Fungsi enzim
12. 15. Siswa dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit menular pada manusia. 20. Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia Pencegahan penyk menular dan tidak menular
13.     22. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu Baru
14.     28. Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut Baru
15.     30. Disajikan gambar/ pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi Baru
16. 29. Disajikan gambar rangkaian listrik terdiri dari beberapa lampu, siswa dapat menentukan lampu yang
menyala/tidak menyala jika salah satu lampu diputus.
32. Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu
saklar diputus/disambung
Sakelar buka/tutup dan pengaruhnya thd nyala lampu
17.     33. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah Baru
18. 35. Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan salah satu jenis sumber daya alam, siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan. 34. Disajikan gambar/ pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam Manfaat  SDA
19. 36. Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak kelestarian sumber daya alam atau
dapat menentukan cara untuk melestarikan sumber
daya alam
35. Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan, dsb)
Fokus pada kegiatan yang merusak/mengubah permukaan bumi
20.     36. Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/
tidak dapat diperbaharui.
Baru
21. 38. Siswa dapat menentukan urutan tata letak atau ciri-ciri planet dalam tata surya 37. Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya Ditanyakan nama/ciri-ciri planet
22.     39. Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan. Baru
Bagi teman-teman guru, silakan mencermati untuk mempersiapkan anak-anak agar tepat dalam belajar. Pengalaman penulis soal-soal yang keluar di UN 100% dibuat berdasarkan Kisi-kisi tersebut. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar