Pages

KATEGORI

Rabu, 19 Desember 2012

Aplikasi Pendataan Pendidikan

Tahun 2012 ini, Seluruh lembaga pendidikan diharuskan mengadakan pendataan pendidkan melalui aplikasi ataupun langsung di web. Baik lembaga yang bernaung di dinas pendidikan maupun lembaga yang bernaung di kemenag. Baik lembaga formal maupun lembaga non formal. Dari jenjang pendidikan terendah sampai tertinggi. Jenis aplikasi atau websitenya pun berbeda-beda.  sehingga caranyapun juga berbeda. Banyak dijumpai kesulitan-kesulitan. Adapun jenisnya sebagai berikut :
  1. Untuk lembaga yang dibawah naungan Kemenag RI seperti Madin,TPQ,Ponpes, RA, MI,MTs, dan MA langsung menggunakan website di http://emispendis.kemenag.go.id/emis-appss/
cara masuknya : pilih kapasitas anda di kolom 1, pilih privinsi, kabupaten, jenis lembaga, masukan nomor statistik sekolah dan terakhir pasword. Kelebihan pendataan di kemenag begitu kita masukan data / input, data itu langsung masuk ke server (internet). Kelemahannya untuk memasukan tanggal lahir terlalu lama, yaitu dengan menggeser bulan demi bulan sebanyak bulan dan tahun kelahiran dari sekarang. Sekali input dalam 1 jam rata-rata 10-15 peserta didik. 

  1. Lembaga PAUD dan non-formal seperti KB,SPS,TPA,PAUD-TPQ,PKBM, KPA,KPB,KPC di http://app.paudni.kemdikbud.go.id/pendataan/pendataan12/index.php?md=acct&item=login 
Keunggulannya cepat, langsung ke server data tersimpan otomatis, sekali input dalam 1 jam bisa 50 peserta didik. 10 tutor/guru.
  1. Sekolah SD,SMP dan SMA,SMK pendataan dilakukan dengan Aplikasi Pendataan 2012 versi v1.0.12.06 

Nah ini dia aplikasi pendataan pendidikan kemdikbud yang lengkap tetapi prosesnya sangat ribet. Sehingga dari bulan demi bulan mengalami perbaikan-perbaikan versi demi kemudahan dalam pengisiannya. 
Selama proses input data sejak juni  2012  mengalami revisi 3 kali versi. Bukti aplikasi ini terlalu ribet adalah hingga tulisan ini di posting, 23 September 2012 data sekolah yang masuk ke server internet pendataan pendidikan kemdikbud adalah 29 %, artinya baru seper empat lebih dari jumlah sekolah yang terdaftar di seluruh Indonesia. Padahal batas akhir pendataan sampai tanggal 27 September 2012 artinya kurang 4 hari lagi. Pertanyaanya adalah apakah dalam waktu terbut data sekolah bisa masuk 100%.
Sebenarnya kalau kita mengetahui kelemahan dan kesalahan pada input data dan jalur pintasnya mungkin kita bisa mengatasi paling tidak 75% data masuk akhir bulan ini. 
Sebenarnya yang menjadi kendala adalah 
  1. Jenis aplikasi yang tidak langsung ke server, 
  2. Keterkaitan antara sub data dengan bagian sub data lain. 
  3. Proses menyimpannya yang tidak jelas. 
  4. Data mudah hilang setelah meng-input, sehingga menimbulkan kesal/malas untuk meng-input. 
  5. Ada teknik drag yang menggunakan klik ganda dan geser.
  6. Teknik drag yang berkaitan dengan kolom-kolom dengan tampilan antar muka yang kurang dipahami.
  7. dll

Langkah-langkah menginstal :
1.    Backup data anda dengan simpan lokal di aplikasi yang lama ( terserah disimpan dimana )
2.    Uninstal aplikasi lama dengan masuk ke Lokal disk (C:) – Aplikasi Pendataan ( berupa folder ) – hapus saja satu folder tersebut.
3.    Setelah mengunduh aplikasi yang baru di http://www.4shared.com/rar/QwO2L7SG/aplikasi_pendataan_11300_FINAL.html   langsung di ekstrak saja.
4.    Buka folder  aplikasi_pendataan_1.13.0.0_FINAL_Kota YK  kemudian langsung instal seperti biasanya ( setup.exe )
5.    Setelah selesai menginstal langsung saja buka aplikasi pendataan yang berada di dekstop kemudian mengisi form registrasi dan jangan lupa kode registrasinya.
6.    Setelah selesai registrasi selamat aplikasi yang baru telah terinstal.
7.    Restore dbf. Anda di aplikasi. Setelah restore, aplikasi akan menghilang nah masuk lagi dan login kembali di aplikasi. Silahkan di coba.
8.    Bila kesulitan mengunduh silahkan datang ke Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Bagian ADP untuk copy  file aplikasi yang terbaru.

KEPADA SELURUH OPERATOR UNTUK MENDOWNLOAD patch 1.13.0.1.exe DI http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/new/index.php/c/pg/panduan-aplikasi

Jika anda sudah pernah menginstall versi 1.13.0.0, anda cukup mendownload patch v 1.13.0.1 untuk mengupgrade versi aplikasi.
cara menggunakan patch :
1. klik 2x/run patch 1.13.0.1.exe
2. Pada Destination Folder, silahkan cari dan arahkan pada tempat pengi
nstallan aplikasi pendataan desktop. Default di C:\Aplikasi Pendataan\
3. Klik Install
4. Tunggu hingga proses install selesai
5. Penginstallan berhasil


 

0 komentar:

Posting Komentar