Pages

KATEGORI

Rabu, 13 Maret 2013

Pengertian RPP Silabus Berkarakter Kurikulum 2013

rpp berkarakter kurikulum 2013Pengertian RPP Berkarakter Kurikulum 2013 Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini akan share informasi mengenai RPP atau rancangan pelaksanaan pembelajaran, Silabus berkarakter terbaru sesuai dengan Kurikulum 2013. Yup RPP adalah perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran. dengan demikian RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.
Sedangkan Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/ bahan/ alat belajar. silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapian kompetensi untuk penilaian.

Dan jika kita merujuk pada definisi pengertian RPP Silabus berkarkter adalah perangkat pembelajaran yang ada Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi, baiklah kami akan menjelaskan secara deatail mengenai Eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi yang termaktub dalam RPP silabus berkarakter.
Eksplorasi
Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari situasi yang baru. Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong peserta didik mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus ekplorasi adalah
  • Peserta didik : menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan; mengumpulkan dan mengolah data
  • Guru : menggunakan berbagai pendekatan dan media; memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar; melibatkan peserta didik secara aktif.
Elaborasi
Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus elaborasi adalah
  • Peserta didik : melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok; menanggapi laporan atau pendapat teman; mengajukan argumentasi dengan santun.
  • Guru : memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah, bertindak tanpa rasa takut; memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi
Konfirmasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan peserta didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasi guru, menambah informasi yang seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual.Guru membantu peserta didik menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan peserta didik dalam siklus konfirmasi
  • Peserta didik : melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya
  • Guru : memberi umpan balik positif kepada peserta didik; memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi; berperan sebagai narasumber dan fasilitator memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi; memberi motivasi kepada peserta didik.
Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru, hasil penyempurnaan kurikulum sebelumnya, Kurukum KTSP atau Kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Perubahan mendasar adalah dikuruanginya beberapa mata pelajaran di tingkat satuan pendidikan SD dan SMP, serta dihilangkannya sistem penjurusan pada jejang atau tingkat satuan pendidikan SMA, jadi nanti tidak akan adalah lagi kasta terbaik dan kasta nomor 2 (pembuangan) seperti yang terjadi pada saat ini, yang katanya jurusan IPA itu favorit, anaknya pintar-pintar, sedangkan jurusan IPS dan bahasa itu nomor dua, jurusan “pembuangan” anaknya pada bandel-bandel. Kurikul 2013 sendiri akan mulai diterapkan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013 – 2014.
Demikianlah artikel mengenai RPP Silabus Berkarakter Sesuai dengan Kurikulum 2013, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua

0 komentar:

Poskan Komentar